Minggu, 27 November 2016

Penyebab Compresor Rusak



Faktor penyebab kompresor cepat rusak
http://acspecialistgraha.blogspot.co.id/

Kompresor adalah alat yang paling utama dalam mesin pendingin sebab kompresor adalah penggerak refrigran agar dapat bersirkulasi dan menghisap panas, kompresor digunakan untuk memompa gas bukan cairan sebab kompresor menggunakan sistem piston, kompresor ada beberapa jenis tapi yang akan dibahas berikut ini adalah kompresor yang menggunakan kumparan sebagai mesin penggerak, banyak faktor yang menyebabkan kompresor rusak yaitu:
1. Kelebihan Beban kelebihan beban terjadi karena adanya gas yang telalu banyak untuk dipompa oleh kompresor sehingga kompresor tidak mampu memompa lagi mengakibatkan putaran rotor berhenti/pelan dan arus sangat tinggi mengakibatkan kumparan terbakar dan kompresor rusak.
2. Kehabisan Oli kehabisan oli terjadi karena adanya kebocoran pada sistem refrigran sehingga oli keluar dari sistem refrigran yang mengakibatkan mesin berputar tanpa pelumas dan mengakibatkan panas yang berlebih, panas yang sangat tinggi mengakibatkan kumparan terbakar dan overload rusak.
3. Arus dan Tegangan arus dan tegangan sangat menentukan kerusakan yang terjadi pada kompresor, walau pun kompresor baru kalau arus dan tegangan tidak sesuai dapat mengakibatkan kerusakan, sebab kumparan motor sangat peka dengan arus dan tegangan.
4. Kapasitor Mati kapasitor adalah alat yang digunakan untuk menggeser fasa sehingga kutub bantu mempunyai kecendrungan ke kanan atau ke kiri karena itulah kapasitor sangat berperan penting pada motor kapasitor, sehingga kalau kapasitor mati rotor tidak dapat berputar karena tidak mempunyai kecendrungan yang mengakibatkan lilitan terbakar karena terjadi arus pendek pada lilitan (kompresor 1 fasa dibawah 1/2 PK menggunakan PTC dan 1/2 PK keatas menggunakan kapasitor, fungsi PTC hampir sama dengan kapasitor hanya saja PTC tidak menimbulkan pergeseran fasa hanya memberikan kutub bantu yang muncul beberapa detik saja sedangkan kompresor 3 fasa tidak menggunakan kapasitor atau PTC)
5. Buntu kebuntuan yang terjadi pada sirkulasi refrigran dapat menyebabkan kompresor bekerja sangat keras sebab pada pipa tekan, tekanan menjadi sangat tinggi dan pada pipa hisap menjadi sangat rendah, hal ini menyebabkan kompresor overload karena kelebihan beban. Kebuntuan dapat terjadi pada semua bagian sirkulasi refrigran namun yang paling sering terjadi kebuntuan adalah pada expansi sebab expansi adalah bagian yang paling kecil jalurnya dibanding yang lain. Kebuntuan dapat diatasi dengan flasing atau mengganti bagian yang buntu.
6. Salah Pengisian kesalahan pengisian refrigran atau oli dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor, ini karena kompresor dirancang sedemikian rupa oleh pabrik untuk diisi dengan refrigran dan oli tertentu saja, jika kompresor diisi dengan refrigran dan oli yang tidak ada pada ketentuan dapat mengakibatkan komponen-komponen yang ada kompresor menjadi rusak karena tidak cocok dengan refrigran dan oli.
7. Aus dan karat keadaan kompresor yang sudah tua sering menimbulkan keausan dan karat hal ini adalah wajar jika kompresor sudah berusia 5-10 tahun. Keausan yang terjadi pada kompresor biasanya pada piston ini ditandai dengan tidak dinginnya evaporator, arus kecil, tekanan freon pada pipa tekan dan pipa hisap tidak jauh berbeda. Karat dapat terjadi pada body kompresor dan dapat menimbukan bocor pada kompresor. Kompresor yg telah aus atau berkarat sebaiknya diganti.

 
kerusakan pada AC dan cara menangani nya :

Pertama : Fin kondensor / out door kotor , meyebabkan pressure Freon meningkat sehingga ampere compressor pun ikut naik. Apabila ampere compressor melebihi standart maka compressor pun akan cepat mengalami over temperature / kerusakan.
SOLUSI : Bersihkan unit out door dan indoor secara rutin.

Kedua : Compresor termal 1
Compresor termal bisa terjadi karena Freon habis, yang menyebabkan kerja compressor sangat berat hal ini dikarenakan Freon yang mana sebagai media pendingin sudah tidak ada lagi didalam system, sedangkan permintaan energy dingin terus berlangsung.
SOLUSI : Cari titik kebocoran sebelum ditambah Freon, biasanya terjadi pada sambungan neple pipa tembaga, bisa kurang kencang, bisa juga pipa pecah atau hasil pleringan melipat.
CIRI – CIRI : Ada bekas oli yang keluar pada sambungan tersebut.

Ketiga : Compresor termal 2
Compresor termal bisa terjadi karena voltage drop, yang akan meyebabkan ampere meningkat.
SOLUSI : Alangkah baiknya kalau dipasang stabilizer tegangan, hal ini akan menyebabkan mesin mesin rumah tangga lebih awet.
Keempat : Compresor sering rusak
Pastikan pemasangan AC anda benar, posisi kondensor harus lebih rendah dari posisi evaporator, kenapa?
Apabila kondensor diatas maka oli pada compressor akan sangat mudah turun ke evaporator, sedangkan untuk kembali ke kondensor oli sangat susah. Hal ini menyebabkan bussing pada AS compressor mudah aus. Al hasil compressor macet.
SOLUSI : Pasanglah AC secara benar.

Apabila compressor yang mengalami termal tersebut dipaksa bekerja tanpa ada perbaikan lebih lanjut maka siap siap compressor anda akan macet lalu terbakar.
Untuk compressor macet sendiri bisa disebabkan adanya kerak oli yang menempel pada klep sehingga klep dan pompa macet.
SOLUSI : Lepaskan compressor dari unit, buang oli yang ada didalam compressor, bersihkan sisa oli compressor menggunakan R11, tembak dengan R22 agar kotoran mudah keluar, hidupkan compressor dengan putaran terbalik ( caranya tukar terminal capasitor ) ulangi sampai 3 x.
Apabila cara tersebut masih belum bisa, Saya yakin As bushing pompa sudah aus
SOLUSI : Belah unit compressor pada sambungan las lasan atas dan bawah, bongkar pompa dan rotor, perbaiki As rotor yang aus, pasang kembali. Pastikan sambungan rapat dan kotoran tidak masuk ke kompresor.
Namun apabila gulungan compressor sudah terbakar, maka lebih baik anda beli compressor baru.

Semoga bermanfaat.
081 330 410 437

Bagikan

Jangan lewatkan

Penyebab Compresor Rusak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.